Rabu, 22 Agustus 2012

Bedug Terbesar di Dunia Ada di Indonesia

Bedug Terbesar di Dunia ada di Indonesia. Boleh percaya, boleh tidak, pada kenyataannya memang bedug (alat musik yang di tabuh) yangterbesar ada di Indonesia. Berikut kutipan dari wikipedia tentang pengertian dari bedug.

Bedug adalah alat musik tabuh seperti gendang. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional, baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. Di Indonesia, sebuah bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat atau sembahyang. Bedug terbuat dari sepotong batang kayu besar atau pohon enau sepanjang kira-kira satu meter atau lebih. Bagian tengah batang dilubangi sehingga berbentuk tabung besar.

Ujung batang yang berukuran lebih besar ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membran atau selaput gendang. Bila ditabuh, bedug menimbulkan suara berat, bernada khas, rendah, tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh.

Nah tahukah Anda bedug terbesar di dunia ada di Indonesia lho (emang bedug lahir, dan populer di indonesia hehehe). Tapi tidak ada salahnya untuk menambah wawasan tentangBedug Terbesar di Dunia ada di Indonesia.









Ukuran dari Bedug Pendowo:
panjang : 292 cm,
diameter depan : 194 cm,
diameter belakang : 180 cm,
keliling depan : 601 cm,
keliling belakang :564 cm,

Kulit yang ditabuh dari kulit banteng.Ya namanya BEDUG PENDOWO. Ada juga yang menyebutnya Bedug Purworejo atau Bedug Kyai Bagelen. Bedug ini sekarang ada di dalam Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo.

Sejarahnya, bedug ini dibuat pada saat pemerintahan Adipati Cokronegoro I, yg merupakan Bupati pertama Purworejo, pada tahun 1834. Yang menarik dari Bedug Pendowo ini adalah, bahan utama untuk badan bedug dari kayu jati gelondongan utuh yang sudah berumur ratusan tahun. Dan yg lebih unik, pohon jati ini beda dgn yg lainnya karena mempunyai mempunyai 5 cabang (pendawa=lima, dlm istilah pewayangan).

Lokasi pohon jati berada di dusun Pendowo, Kecamatan Purwodadi. Inilah sebabnya Bedug ini dinamakan Bedug Pendowo.

Sekarang bedug ini hanya dibunyikan saat akan Sholat Jumat, Sholat Idhul Fitri dan Idhul Adha, serta saat pelaksanaan malam takbiran.

Jadi buat agan dan aganwati semua, kalo pas travelling ke arah pesisir selatan Jawa Tengah,
sempatkan diri sejenak untuk mengenal lebih jauh salah satu peninggalan sejarah dan keajaiban dunia yang ada di Kabupaten Purworejo.

Sumber : www.hajsmy.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar